ArtikelPilihan

Anak Mudah Mabuk Di Perjalanan, Lakukan Hal Ini Sobat Mojou!

Moslem Journey – Anak-anak yang tidak biasa melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, seperti mobil, kereta, kapal laut, ataupun pesawat sering kali merasa mabuk selama perjalanan. Penyebab anak-anak mudah mabuk perjalanan, karena kendaraan memberikan perbedaan gerakanyang dialami badan anak dengan gerakan yang diharapkan

Sehingga, membuat sinyal yang diharapkan pada tubuh tidak menerima dengan baik yang memicu mabuk perjalanan. Bagi anak yang mengalami mabuk perjalanan, mereka akan mengalami mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lelah yang berlebihan, bahkan hingga sesak napas. Selain gelaja itu, anak-anak yang mengalami mabuk perjalanan akan mungkin banyak menguap, menangis, dan menunjukkan rasa gelisah.

Membuat perjalanan yang seharusnya menyenangkan menjadi tidak menyenangkan untuk si anak. Bagi sobat Mojou yang anaknya mengalami gelaja mabuk, cobalah untuk memberhentikan mobil dan biarkan anak beristirahat. Selain itu, coba lakukan hal-hal berikut ini untuk anak sobat Mojou yang mengalami mabuk di perjalanan.

1.  Lihat Satu Titik

Saat anak mulai mengalami gejala mabuk perjalanan, sobat Mojou bisa menyuruh anak untuk melihat ke depan satu titik. Objek yang dilihat dari kejahuan oleh anak, membuat anak fokus dan menjadi pusat keseimbangan yang membuat anak beranggapan tubuh sedang bergerak. Dan biarkan anak duduk dipangku, agar bisa duduk dengan tegap agar bisa melihat dan berfokus pada satu titik.

Baca juga: Keluar Negeri Membawa Anak? Baca Tips Ini!

2.  Alihkan Perhatian

Jangan biarkan anak bermain dengan mainannya, membaca buku, bahkan bermain dengan smartphonenya. Hal ini akan membuat anak menjadi tidak fokus pada perjalanan dan membuat anak merasa mual. Coba alihkan anak sobat Mojou dengan obrolan-obrolan kecil atau melihat hal di luar mobil. Hal ini juga membuat anak menjadi tidak bosan dan membuat anak lelah sebelum mencapai tujuan.

3.  Sedia Cemilan

Saat sobat Mojou melakukan perjalanan dengan kendaraan, siapkan cemilan kesukaan anak di tas. Sebaiknya juga selalu siap sedia cemilan tersebut, cemilan ini akan membantu perut anak supaya tidak kosong dan bisa juga untuk menghilangkan rasa mual. Sobat Mojou juga perlu memperhatikan cemilan kesukaan anak yang di bawa saat melakukan perjalanan, jangan sampai cemilan ini menggangu perjalanan sobat Mojou dan anak.

4.  Udara Sejuk

Saat anak sobat Mojou mulai merasakan gejala mabuk perjalanan, coba ajak anak untuk menghirup udara segar. Karena dengan menghirup udara segar, anak bisa merasa lebih baik dan meringankan rasa mual dan pusing. Coba untuk membuka sedikit jendela mobil sobat Mojou, supaya udara masuk kedalam mobil. Dan jika sobat Mojou menggunakan kapal, ajak anak kebagian dek kapal supaya dapat menghirup udara segar dan angin laut.

5.  Jalan di Jam Tidur

Coba untuk melakukan perjalanan, saat waktu anak berada di jam tidur mereka. Perjalanan yang dilakukan pada saat anak tidur membuat dia tidak merasa mual selama tidur. Selain itu, berkendaralah pelan-pelan, supaya anak tidak ikut tergoncang dan membuat anak lebih mudah merasa mabuk dalam perjalanan (IF)

Baca juga: Kehilangan Paspor di Luar Negeri? Begini Solusinya



Comment here