ArtikelPilihan

Tahun ini Alami Kebakaran Parah, Berikut Fakta dan Keindahan Hutan Amazon

Moslem Journey – Beberapa hari yang lalu, hutan hujan tropis Amazon baru saja mencatat rekor terbarunya dalam mengalami kebakaran terparah di tahun 2019. Menurut data satelit bdan ruang angkasa Brazil, INPE, kebakaran ini meningkat 83% dari pada tahun sebelumnya. Padahal, hutan Amazon memiliki keindahan dan fakta bahwa hutan ini sangat bermanfaat untuk dunia.

Berikut ini sejumlah fakta dan keindahan alam hutan hujan tropis Amazon yang terbentang di beberapa negara, Brazil, Peru, Bolivia, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis.

  1. Keajaiban Dunia

Pada tahun 2011 lalu, hutan Amazon ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature. Ketetapan ini didapatkan hutan Amazon dikarenakan hutan ini menjadi tempat berkumpulkanya beragam flora dan fauna dunia. Terdapat Hampir 2.5 juta spesies serangga, hingga 10 jenis hewan amfibi hingga reptile bertempat tinggal di hutan ini. Selain itu, hutan Amazon juga memiliki 3.000 jenis buah di tanaman yang tumbuh dalam hutan dan terdapat banyak spesies unik.

  1. Paru-Paru di Dunia

Hutan Amazon menjadi tempat produksi dan penyumbang oksigen sebanyak 20 persen di dunia. Dengan luas yang mencapai 5.5 juta kilometer persegi, hutan Amazon dapat menyerap 2.2 miliar karbon dioksida di tahun normal. Penyerapan ini, dapat membantu mengurangi tingkat karbon dioksida penyebab meningkatnya suhu Bumi.

Baca juga: Inpe: Kebakaran Hutan Amazon Mencapai Rekor

  1. Sungai Terpanjang di Dunia

Di dalam hutan Amazon terdapat sungai yang megelilingi hutan, panjang sungai tersebut mencapai 6.400 kilometer. Menurut WWF, dengan mengalirnya sungai di hutan Amazon, menjadikan hutan Amazon sebagai penyumbang 15-16 persen air ke lautan. Sisanya merupakan air bawah tanah yang diserap pohon-pohon hutan Amazon.

  1. Keberadaan Suku Asli

Keberadaan hutan Amazon masih memiliki suku asli Brazil yang tinggal disana. Menurut Coordinator of Indigenous Organizations of the Amazon Basin (COICA), memperkirakan 2.7 juta orang suku asli yang terbagi dalam 350 grup etnis. Sebanyak 60 suku diantaranya masih terasingkan di dalam hutan.

  1. Sumber Makanan dan Obat-Obatan

Karena hutan Amazon merupakan hutan hujan tropis, hutan Amazon menjadi sumber makanan yang kita makanan dan rumah bagi pengobatan. Banyak tumbuhan dan buah-buahan yang tumbuh di hutan ini dijadikan sebagi makanan dan obat-obatan. Seperti kacang, vanila, gula, kopi, teh, singkong, jeruk, pisang, alpukat. Selain itu, katanya sebanyak 70 persen tanaman penyembuh kanker bisa ditemukan di hutan ini.

  1. Wisata Mewah

Selain menjadi tempat berkumpulnya flora, fauna, dan suku asli. Hutan Amazon juga menjadi tempat wisata mewah. Karena banyak penyedia atau agen liburan kesana. Hanya dengan US$ 2.000 (RP. 28 juta) atau lebih, kamu bisa mengunjungi hutan Amazon yang menjadi tempat wisata mewah ala Nomine Oscar. Selain wisata, suku Huaorani juga akan memberikan pelajaran hidup ala mereka yang unik. (IF)

Baca juga: Naik Gunug Pertama Kali, Kenali Istilah-istilah Ini Untuk Para Traveler

Comment here