BeritaNasional

Akses Tol Keluar-Masuk DKI Jakarta Mulai Dibuka Kembali

Akses Tol Keluar-Masuk

Moslem Journey – Akses tol keluar-masuk DKI Jakarta kembali dibuka, hal ini dilakukan untuk upaya adaptasi kebiasaan baru (New Normal) menuju masyarakat produktif dan aman dari virus corona.

Dengan adanya pembukaan kembali akses tol tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) mengeluarkan Surat Edaran (SE) No. 7 Tahun 2020.

SE yang sudah diberlakukan sejak 6 Juni 2020 tersebut, memuat kiteria dan persyaratan perjalanan masyarakat dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru yang produktif dan aman dari virus corona.

Dalam SE tersebut, dalam melakukan bepergian menggunakan transportasi, baik transportasi umum maupun transportasi pribadi masyarakat harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Bagi pengguna transportasi pribadi yang berasal atau ingin menuju DKI Jakarta, kebijakan wajib membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) tidak diberlakukan kembali.

Seperti yang tertulis dalam SE No. 7 Tahun 2020, setiap individu yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi diharapkan untuk bertanggung jawab atas kesehatan masing masing dan tunduk serta patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

SE tersebut juga menyebutkan, setiap individu yang melakukan perjalananan wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebagai kriteria perjalanan orang.

Akses Tol Keluar-Masuk DKI Jakarta Yang Kembali Dibuka

Bagi pengendara trasportasi pribadi (mobil) yang ingin keluar-masuk wilayah  Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Tol Layang Jakarta-Cikampek sudah dibuka kembali.

Bukan hanya itu saja, pengelolah jalan tol PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), juga kembali membuka jalan tol tersebut.

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menyatakan, pengoperasian kembali jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) telah dilakukan secara bertahap pada Minggu (7/6) malam di jalur arah Cikampek dan Senin (8/6) malam untuk jalur arah Jakarta.

Djoko menambahkan, pengguna jalan tol yang mengarah ke Cikampek dapat kembali mengakses Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) dari arah Rorotan maupun dari arah Jatiasih Jalan Tol JORR serta dari arah Cawang Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sebelumnya, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona dan larangan mudik/balik Lebaran 2020, jalan tol Jakarta-Cikampek II (Elevated ) ditutup sejak Jumat (24/4) lalu.

Sementara Jalan Tol Jakarta-Cikampek tetap beroperasi seperti biasa, namun diberlakukan pengendalian transportasi di beberapa titik wilayah Cikarang dan Karawang.

Comment here