BeritaInternasional

Air di Pantai Sydney Berubah Hitam Akibat Abu Kebakaran

Moslemjourney.com – Kebakaran hutan hebat yang melanda New South Wales (NSW), Australia beberapa waktu lalu telah mengubah warna air laut di pantai Sydney dari jernih menjadi hitam. Perubahan warna tersebut terjadi akibat air laut terkontaminasi abu dan arang dari puing-puing sisa kebakaran.

Seperti dilaporkan DailyMail pada Senin (9/11), seorang ahli ekologi laut, Emma Johnston memperingatkan saat ini pasokan air minum di NSW semakin menipis akibat air murni di sekitar pantai Sydney terpapar abu.

Johnston juga khawatir air minum di Kota Sydney ikut terpapar. Ia menuturkan, air minum bisa terpapar lewat air hujan yang menyapu abu. “Ketika Anda minum air tawar yang terkontaminasi abu, Anda akan mendapat masalah kesehatan manusia yang nyata,” katanya, Senin (9/11).

Lebih lanjut, Johnston mengatakan paparan abu yang tebal dapat memicu mekarnya ganggang. Selain itu, sejumlah besar ikan di pantai juga akan terdampak karena massa lahan vegetasi terbakar di lautan.

“Dengan kepadatan partikular yang tinggi, ikan bisa mengalami penyumbatan insang atau pengumpan penyaring hingga kemungkinan ikan akan mengalami kesulitan makan,” katanya.

Efek selanjutnya, jika ganggang makin besar dan membusuk maka ganggang akan menyerap oksigen dan menyebabkan ikan terbunuh karena lingkungan hidupnya memiliki kadar oksigen yang rendah.

Di sisi lain, hitamnya warna air di pantai Sydney tidak menyurutkan para pengunjung untuk datang. Bahkan, para pengunjung masih berani untuk berenang di pantai. Hal tersebut terlihat dalam unggahan seorang pengunjung di media sosial. Dirinya terlihat berenang dan juga bermain di Pantai Malabar, Sydney walau dipenuhi oleh abu.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran masih terus mencoba untuk memadamkan beberapa titik api yang masih berkobar di NSW. Diketahui, hingga saat imi masih ada sekitar 90 titik api yang belum padam. Setidaknya, hampir 2000 petugas pemadam kebakaran dikerahkan sebagai upaya memadamkan api di lapangan.

Comment here