HistoryPeradaban Islam

Agama Islam Minoritas Yang Mendapatkan Keamanan Dan Keharmonisan Dalam Beribadah

moslemjourney.com – Tahukah Sobat Mojou berapa jumlah umat Muslim di Negara Finlandia? Di Negara yang terkenal dengan kawasannya yang terbentang dengan luas, Finlandia memiliki demografi penduduk sekitar 5.375 juta orang pada tahun 2011. Dari jumlah tersebut sebanyak 78 persen diantaranya merupakan penduduk yang menganut Kristen (Evangelical Lutheran).

1.1 persen merupakan penduduk yang menganut Kristen Ortodoks, dan 1.5 persen lainnya adalah penduduk yang menganut agama minoritas yang terdiri atas Islam, Yahudi, dan lain-lain. Sekitar 20 persen sisanya memilih tidak memiliki afiliasi agama apa pun. Sehingga jumlah penduduk Negara Finlandia yang menganut agama Islam sebesar 50 ribu-60 ribu jiwa.

Kebanyakan umat Muslim di Finlandia adalah imigran arau ketuuanan imigran yang mulai datang dalam jumlah signifikan sejak tahun 1990-an. Bagi yang belum tahu, penduduk Muslim asli Finlandia merupakan keturunan bangsa Tatar atau dalam Bahasa Finlandia bangsa Tata disebut dengan Suemen Tatarit, sedangkan dalam Bahasa Swedia dipanggil dengan Fintandska Tatarer.

Baca juga: Ini Dia 7 Negeri Islam Terbesar dan Terpanjang Usianya

Sebagian besar penduduk Finlandia yang menganut agama Islam tinggal di kawasan Finlandia Selatan. Meskipun termasuk agama minoritas di Finlandia, Muslim di Negara tersebut dapat beribadah dengan bebas dan leluasa. Karena dalam strukur pemerintahannya, Finlandia termasuk Negara yang memberikan kebebasan beragama bagi penduduknya.

Tidak ada batasan ruang gerak umat Muslim dalam menjalankan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang ingin mereka jalankan seperti shalat Jumat, shalat Id Hari Raya, memakai hijab, bahkan para pedagang yang ingin menyediakan atau berjualan makanan halal. Maka tidak heran apabila ikan salmon merupakan mesin penghasil uang terbesar oleh umat Muslim di Finlandia.

Selain itu, umat Muslim di Negara tersebut juga tidak kesulitan untuk mendirikan masjid sehingga umat Muslim disana dapat mendirikan 18 masjid. Memang sebagian besar masjid pada awalnya merupakan bangunan biasa, namun oleh umat Muslim disana dialihfungsikan untuk membuat masjid. Masjid-masjid itupun digunakan oleh banyak komunitas Muslim untuk kegiatan ibadah.

Baca juga: 5 Negara Asia Dengan Penduduk Beragama Islam Terbanyak

Meskipun menjadi agama minoritas yang memiliki jumlah penduduk sekitar 50 ribu-60 ribu jiwa, penduduk Muslim di sana hidup dengan keadaan lebih aman dan harmonis dibandingkan dengan saudara-saudara seiman di negara-negara Eropa tertentu yang sedang menghadap peningkatan. Jadi tetaplah menjaga keharmonisan sesama umat di negara sendiri ya Sobat Mojou.

(IF)

Comment here