ArtikelJournal

7 Negara Ini Punya Jumlah Penduduk yang Sedikit

Moslemjourney.com – Bicara tentang hidup dalam sebuah negara, penduduk menjadi elemen penting yang harus dimasukkan. Penduduk adalah sekelompok orang yang menempati sebuah wilayah. Jika orang-orang seringkali membahas negara dengan jumlah penduduk terbanyak. maka ada yang luput dari kita. Bagaimana jika kita membahas negara dengan jumlah penduduk sedikit? Tentu Sobat Mojou belum banyak yang mengetahuinya bukan? Di bawah ini 5 negara dengan jumlah penduduk paling sedikit.

1. Vatikan

Negara Vatikan menjadi negara dengan luas wilayah terkecil dan memiliki penduduk yang sedikit. Jumlah penduduknya sekitar 1.000 jiwa pada tahun 2017 dengan luas wilayah 0,44 km persegi. Negara Vatikan juga tidak mempunyai bandara dan jalan raya, hanya satu tempat yaitu pendaratan helikopter.

2. Nauru

Negara Nauru merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik Selatan, wilayah Oceania. Sekitar 42 kilometer bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Pulau Nauru dekat dengan pulau Papua. Jika dikur, jaraknya sebanding dengan jarak dari pulau Papua ke pulau Jawa.

Negara ini memiliki luas wilayah 21 km persegi. Pada tahun 2018, jumlah penduduk negara Nauru sebanyak 9.692 jiwa. Nauru terkenal dengah pulau batu fosfat yang makmur pada awal abad ke-20. Nauru menjadi negara independent dari Australia pada tahun 1968, di mana sebelumnya dikenal sebagai pulau bernama Pleasant.

Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa.

3. Tuvalu

Negara Tuvalu dikenal dengan nama Kepulauan Ellice. Negara ini bertetangga dengan Nauru. Luas wilayahnya sekitar 26 km persegi dengan jumlah penduduk 11.147 jiwa pada sensus 2018. Tuvalu merupakan negara dengan iklim tropis, curah hujan yang teratur dan pulau-pulau yang dipenuhi air.

Baca juga: Daftar Negara Bebas Visa Untuk WNI

4. Palau

Negara ini biasa disebut Belau, negara kepulauan di Samudera Pasifik, letaknya 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah Maluku Utar, 500 km wilayah Sulawesi Utara dan 500 km sebelah timur Filipina. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Negara dengan luas wilayah 459 km persegi ini memiliki jumlah penduduk 21.516 jiwa pada sensus 2018.

5. Monako

Negara yang satu ini memiliki warna bendera yang sama dengan Indonesia, yakni merah dan putih. Namun, bedanya Indonesia memiliki bendera yang lebih panjang. Negara ini memiliki luas wilayah 2 km persegi dengan jumlah penduduk 30.727 jiwa. Monako memiliki perbatasan darat sepanjang 5,47 km dengan Prancis dan garis pantai sepanjang 3,83 km di Laut Mediterania.

6. San Marino

San Marino merupakan negara terkecil dengan penduduk yang sedikit. Luas wilayahnya 61 km persegi dan memiliki penduduk 33.779 jiwa. Uniknya jika di Indonesia dipimpin oleh presiden, sedangkan di San Marino dipimpin oleh wali kapten. Wilayah San Marino terletak di pegunungan dan memiliki iklim empat musim.

7. Liechtenstein

Liechtenstein menjadi sebuah negara kecil dengan luas wilayah 160 km persegi dengan jumlah penduduk 37. 547 jiwa. Negara ini berada di antara dua negara yaitu Swiss dan Austria. Bahasa resmi Liechtenstein adalah bahasa Jerman.

Sumber : Data Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah dikutip dari World Factbook (estimasi pada Juli 2018).

Sobat Mojou sudah tahukan, beberapa negara yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit? Adakah Sobat Mojou yang ingin pindah ke negara tersebut?(cm)

 

0

Comment here