ArtikelKuliner

7 Jenis Oleh-oleh Haji dari Tanah Suci, Pernah Coba?

Moslem Journey Berita kepulangan kloter pertama jamaah haji 2019 pada Sabtu (17/9) membawa kabar gembira bagi sanak saudara. Selain itu, para jamaah haji merasakan kelegaan telah menyelesaikan ibadah haji dengan baik. Mereka mampu melaksanakan Rukun Islam yang kelima dan tentunya berharap agar dapat menjadi haji yang mabrur.

Selepas pulang dari menunaikan haji, ada sesuatu yang tidak pernah dilewatkan seperti pernak pernik oleh-oleh haji. Tentunya itu menjadi hal yang ditunggu sanak saudara selain kepulangan jamaah haji dengan kondisi yang baik. Mereka akan menengok untuk mengucapkan selamat datang dan mendengar bagaimana kisah perjalanan atau pengalaman di tanah suci. Memberikan oleh-oleh haji sudah menjadi tradisi yang sulit ditinggalkan. Biasanya oleh-oleh haji akan diberikan kepada sanak saudara, kerabat dekat ataupun teman-teman sebagai kenang-kenangan. Namun sudah tahukah kamu, apa saja oleh-oleh haji yang biasa dibawakan para jamaah haji.

7 Jenis Oleh-oleh Haji dari Tanah Suci

1. Air zam-zam

Air zam-zam adalah air yang penuh keberkahan. Air yang mempunyai banyak keistimewaan, salah satunya dapat menyembuhkan penyakit. Air zam-zam terasa jernih dan begitu menyegarkan ini selalu ditunggu-tunggu dari para jamaah haji.

Baca: Keistimewaan Air Zam-Zam yang harus kamu ketahui!

2. Kurma

Kurma merupakan buah manis yang memiliki banyak khasiat. Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini dapat menjadi sumber energi, gula dan serat. Khasiat buah kurma dapat melancarkan pencernaan, mengurangi tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang dan lain sebagainya. Kurma memiliki banyak jenis salah satunya kurma ajwa atau biasa disebut kurma nabi.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.
“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”

3. Kacang Arab

Kacang arab terkenal dijadikan sebagai oleh-oleh haji. Rasanya gurih dan bergizi. Bentuknya hampir mirip kacang almond Banyak mengandung protein dan anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

4. Kismis


Kismis adalah anggur yang dikeringkan. Rasanya manis seperti kurma karena mengandung konsentrasi gula yang tinggi.

5. Pacar kuku arab

Pacar arab sama seperti halnya kutek namun tidak mengandung alkohol sehingga sehingga bisa digunakan untuk sholat. Biasanya ada 2 jenis pacar arab yaitu bubuk dan pasta.

6. Sajadah Timur Tengah

Kebanyakan sajadah yang di beli dari tanah suci merupakan sajadah made in turkey. Bahannya tebal dan lembut menjadi salah satu oleh-oleh haji favorite bagi para jamaah haji.

7. Tasbih

Sepaket dengan sajadah, tasbih biasanya menjadi salah satu oleh-oleh haji yang paling banyak diminati. Selain beratnya ringan, harganya juga murah. Sangat cocok untuk dijadikan kenang-kenangan.

Demikian ulasan 7 oleh-oleh haji yang sering dibawakan para jamaah haji. Semoga bermanfaat.(cm)

0

Comment here