ArtikelDestinasiJournal

5 Wisata Unik Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Moslemjourney— Malang adalah kota kedua terbesar setelah Surabaya di Jawa Timur. Kota yang terletak di dataran tinggi ini memiliki luas sekitar 145,3 km² . Karena terletak di dataran tinggi pula, kota apel ini memiliki cuaca yang dingin. Selain itu, kota Malang juga memiliki destinasi wisata yang unik nih. Kira – kira apa aja ya? Nah, ini dia tempat wisata unik di Malang.

  1. Kampung Warna – Warni 

Lokasi : Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Kampung ini berbeda dengan kampung lainnya. Kalian akan melihat warna – warna cerah. Nama kedua kampung itu adalah Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Di Kampung Jodipan kalian bisa melihat tangga dan dinding dengan warna yang beragam, lorong – lorong yang dihiasi payung juga lukisan 3D, hanya saja tidak sebanyak di Kampung Tridi. Kalian cukup merogoh kocek sebanyak 3 ribu untuk mengunjungi masing – masing kampung.

  1. Jembatan Kaca Ngalam Indonesia

Lokasi : Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

Kalau ini adalah jembatan yang menghubungkan antara kampung Jodipan dan kampung Tridi. Dulu, ketika ingin pergi ke salah satu desa, para wisatawan harus berjalan menaiki puluhan anak tangga atau berjalan memutari Sungai Brantas yang sangat jauh. Diresmikan pada tahun 2017 lalu, jembatan ini didesain oleh Mahatma Aji dan Khoriul yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) dibawah bimbingan Ir. Lukito Prasetyo. Jembatan kuning ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter dan berada di ketinggian 9,5 meter. Maksimal orang yang bisa naik ke atas jembatan adalah 50 orang. Maka dari itu, ada petugas yang akan mengatur wisatawan yang ingin naik ke jembatan. Untuk tiket bisa membayar 2 ribu jika datang dari Kampung Tridi. Sementara jika datang dari Kampung Jodipan, kalian cukup menunjukkan tiketnya saja.

Baca Juga : Wisata – Wisata Ramah Anak di Jakarta

  1. Pondok Wisata Bwalk

Lokasi : Jl. Sidomakmur No. 82, Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Siapa yang suka nonton film The Hobbit? Nah, kalian bisa banget nih datang ke Pondok Wisata Bwalk. Rumah – rumah yang ada disini berukuran kecil, mirip dengan rumah kurcaci di cerita dongeng. Makanya para wisatawan suka banget untuk berfoto – foto di sini. Tempat ini juga sejuk banget karena banyak pepohonan. Selain itu, terdapat juga foodcourt, outbound dan museum cocok bagi Sobat Mojou yang sedang berlibur sambil membawa anak. Museumnya sendiri adalah Museum Recycle yang memberikan wawasan mengenai cara mengolah sampah plastik menjadi sebuah karya seni yang memiliki nilai jual tinggi. Walau tak pernah sepi pengunjung, kita takkan dikenai biaya masuk lho! 

  1. Wisata Petik Apel Mandiri

Lokasi : Jalan Raya Junggo No 33, Tulungrejo, Batu, Jawa timur

Karena terkenal dengan kota apelnya, sudah pasti kita harus mencoba juga memetik apel di kota ini Sobat Mojou. Kamu bisa datang ke wisata apel Mandiri. Kamu cukup membayar tiket sebesar 25 ribu dan bisa memetik dan memakan apel di tempat. Makannya juga secukupnya saja ya, Sobat Mojou! Jika ingin membawa pulang apelnya, kalian bisa membeli apel per kilonya, membayar sekitar 30 – 40 per kilogramnya. 

  1. Air Terjun Coban

Lokasi : Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 

Air terjun ini dibuka pada tahun 1980. Lalu pada 2002, wisata alam ini dikelola oleh PT Palawi Risorsis, sebuah perusahaan Perhutani yang berfokus pada bidang wisata. Dari tempat parkir, kamu cukup berjalan sejauh 200 meter sebelum akhirnya melihat air terjun ini. Tempat wisata ini masih sangat asri dengan udaranya yang sejuk serta suara air yang sangat menenangkan. Ada juga wisata uniknya lagi nih, yaitu kamu bisa mencoba wisata taman labirin di sini. 

Ini dia 5 ulasan destinasi wisata unik di Malang. Semoga bisa menjadi rekomendasi wisata bagi Sobat Mojou yang ingin berkunjung ke Malang ya! Jangan lupa untuk mengabadikan momen kalian di kamera kesayangan juga. Selamat berlibur! (ans)

Baca Juga : 5 Negara Asia yang Menjadi Favorit Wisatawan

Comment here