BeritaBerita UtamaNasionalTipsTransportasi

5 Tips Aman Berkendara di Tol Layang Japek

Selain dilarang kayang dan main lompat tali, kira-kira hal apa yang mesti Sobat Mojou perhatikan pada saat melewati jalan Tol Layang Japek ya?

Baru diresmikan pada tanggal 12 Desember 2019 lalu, Jalan Tol Layang Japek disebut-sebut sebagai jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Meskipun sudah mulai dibuka, pengguna jalan tol layang ini belum dipungut biaya alias gratis.

Baca juga Kemenhub: Tol Layang Japek Urai Kemacetan

Tol Layang Japek ini dilengkapi dengan 8 akses jalur darurat. Delapan titik tersebut ada di KM 13, 17, 21, 24, 28, 31, 36 dan 38. Jalur darat tersebut terhubung dengan setiap simpang susun (interchange) di jalur eksisting. Hal ini bertujuan agar ketika ada kondisi darurat bisa segera membuka akses evakuasi. Akses Evakuasi ini akan dilakukan melalui interchange yang dilengkapi tangga ke bawah. Namun, sudah tahukah Sobat Mojou tips aman berkendara di Tol Layang Japek? Mari disimak!

Perhatikan Kecepatan Maksimal

Meskipun telah diuji coba oleh Kementerian PUPR hingga Jasa Raharja, para pengguna Jalan Tol Layang Japek ini mesti memperhatikan kecepatan kendaraan masing-masing. Jalan Tol Layang Japek dilengkapi dengan sistem tilang elektronik atau  Electronic Law Enforcement. Tujuannya untuk melakukan tilang melalui sistem komputer yang telah diintegrasi ke pusat. Kecepatan rata-rata kendaraan yang diperbolehkan ialah 60 hingga 80 kilometer per jam, alias jangan ngebut-ngebut!

Klasifikasi Kendaraan

Tidak semua kendaraan diperbolehkan melewati jalan tol layang ini. Bukan karena pilih kasih, tapi karena kontur dan konstruksi yang sudah diperuntukkan bagi: KEDARAAN GOLONGAN I. Artinya, bus dan truk dilarang melintas.

Waspada Efek Angin Besar

Pengguna Jalan Tol Layang Japek mesti harus berhati-hati dengan efek angin besar. Pasalnya, jika kendaraan kamu terhempas angin dari sisi kanan atau kiri, ini memicu kendaraanmu oleng.

Perhatikan Kondisi Kendaraan

Jalan Tol Layang Japek ini untuk perjalanan jarak jauh, yaitu menuju Bandung, Jateng, dan Jatim. Pengguna jalan tol layang mesti memperhatikan kondisi kendaraan dari mulai kecukupan bensin karena jarak ke SPBU yang cukup jauh, aki, hingga kondisi ban dan mesin.

Ketahui Infrastruktur Jalan

Pengguna Jalan Tol Layang Japek mesti tahu bahwa terdapat 4 Area Emergency Parking dan 8 U-turn. Area Emergency Parking ini dilengkapi dengan tangga darurat (untuk manusia) yang berlokasi di KM 21, KM 36, KM, 39. Sedangkan 8 U-turn tersebut dapat digunakan dalam kondisi darurat untuk berbalik arah.

Baca juga Jalan Tol, Dulu Dianggap Kuno Kini Pembangunannya Melesat

Referensi:
DIVISIHUMASPOLRI

Featured image:
kompas.com

(fnrp)

 

Comments (1)

Comment here