ArtikelJournal

5 Pulau Terbesar di Indonesia, Jawa Paling Padat

Moslemjourney.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 17. 504 pulau besar dan pulau kecil. Sekitar 6.000 pulau tidak berpenghuni. Sebagian penduduk Indonesia bermukim di pulau Jawa. Sehingga pulau Jawa menjadi pulau terpadat dan terbesar. Namun tahukah kamu? selain pulau Jawa Indonesia memiliki 4 pulau terbesar, yaitu: Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua. Untuk penjelasan lebih lanjut di bawah ini 5 pulau terbesar di Indonesia.

1. Papua

Pulau Papua merupakan pulau terbesar di Indonesia. Nama lain pulau Papua adalah New Guinea. Luas wilayahnya sekitar 421.981 km persegi. Pulau Papua memilki puncak yang paling tinggi 4.884 mdpl yang membuat puncak tersebut sampai tertutupi salju yakni Puncak Jaya wijaya. Pulau ini terbagi menjadi dua wilayah, namun wilayah NKRI berada di bagian barat dengan jumlah penduduk 3,2 juta jiwa.

2. Kalimantan

Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 539.460 km persegi. Pulau ini dikenal dengan nama pulau Borneo. Puncak tertinggi di Kalimantan adalah Kinabalu 4.095 mdpl. Pulau Kalimantan terdiri dari 5 provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Terdapat tugu khatulistiwa di pulau Kalimantan yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Pulau Kalimantan merupakan pulau yang aman dari gempa. Jumlah penduduk di pulau Kalimantan sekitar 15.950.000 jiwa.

Baca juga: Rahasia Tersembunyi Bahasa Daerah Indonesia

3. Sumatera

Pulau Sumatera menjadi pulau terbesar di Indonesia. Luas wilayahnya 473.606 km persegi. Puncak tertinggi pulau Sumatera adalah Kerinci 3.405 mdpl. Pulau Sumatera terbagi menjadi provinsi Nanggro Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Jumlah penduduk di Pulau Sumatera berdasarkan sensus 2018 sekitar 57.940.351 jiwa.

4. Sulawesi

Pulau Sulawesi disebut Celebes memiliki luas wilayah sekitar 174.600 km persegi. Terdiri dari 6 provinsi, yakni provinsi Sulawesi Utara, Sulawei Barat, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Di pulau Sulawesi terdapat salah satu situs warisan dunia UNESCO Tanah Toraja yang kental dengan adat istiadatnya. Dalam sejarah Pulau Sumatera disebut sebagai pulau emas. Jumlah penduduk pulau Sulawesi sekitar 18.900.000 jiwa.

5. Jawa

Pulau Jawa menjadi pulau terbesar ke lima yang memiliki luas wilayah sekitar 126.700 km persegi. Pulau ini terbagi ke dalam 6 wilayah yaitu Provinsi Banten, DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur dan Yogyakarta. Puncak tertinggi di Pulau ini yaitu Semeru dengan ketinggian sekitar 3.676 mdpl. Pulau Jawa menjadi pulau terpadat di Indonesia, sebagian penduduk Indonesia mendominasi di pulau Jawa. Jumlah penduduk pulau Jawa tahun 2017 sekitar 145.200.000 jiwa.

Demikian ulasan 5 pulau terbesar di Indonesia. Sebagai catatan data jumlah penduduk di 5 pulau tersebut berdasarkan sensus 2018. Pulau mana yang sudah pernah kamu kunjungi? Silahkan kirimkan komentar dan bagikan ke semua temanmu untuk berbagi pengetahuan ini.(cm)



Comment here