ArtikelJournalTransportasi

5 Pesawat Komersial Tercepat di Dunia

Moslemjourney.com – Saat ini pesawat menjadi pilihan perjalanan yang menyenangkan, bukan lagi menjadi sesuatu yang mahal. Kenyamanan, dan kecepatan membuat semua orang memilih untuk pergi menggunakan pesawat, meski tak jarang muncul pemberitaan pesawat jatuh.

Banyak kemudahan yang diberikan oleh jasa penerbangan untuk mencari tiket pesawat, potongan harga, pilihan pesawat dan rute penerbangan. Sehingga kamu bisa mengatur perjalanan se apik mungkin sesuai keinginanmu.

Tahukah kamu kalau banyak negara pernah membuat berbagai jenis pesawat penumpang yang mampu melaju dengan kecepatan tinggi, bahkan tercepat di dunia? Jika belum tahu, inilah beberapa jenis pesawat penumpang yang pernah tercipta dalam sejarah dunia!

1. Aerospatiale-BAC Concorde

Pesawat terbang supersonik adalah salah satu pesawat penumpang supersonik yang pernah melayani jalur transportasi secara komersial. DiproduksiĀ  oleh BAE systems dan Aerospatiale sebanyak 20 unit, sudah termasuk 6 unit yang bukan pesawat komersial. Concorde mulai terbang pertama kali pada 2 Maret 2003 hingga akhirnya pensiun pada tanggal 26 November 2003.

Pesawat ini pernah dioperasikan oleh British Airways, Air France, Braniff International. Airways, dan Singapore Airlines. Concorde memiliki kecepatan terbang 2,04 Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang hingga 60.000 kaki (17.700 meter) dengan konfigurasi sayang delta dan evolusi mesin yang dilengkapi mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan.

2. Tupolev Tu-144

Tupolev Tu-144 adalah pesawat jet penumpang-supersonik buatan Uni Soviet yang diproduksi Tupolev OKB. Pesawat ini dirancang oleh Andrew Tupolev. Diterbangkan pertama kali pada 31 September 1968 dan sudah pensiun sejak tahun 1999.

Pesawat Tupolev Tu-144 pernah dioperasikan oleh Aeroflot dan NASA (untuk penelitian). Tahun produksi 1968 – 1989 dengan jumlah produksi 16 buah. Kecepatan pesawat ini pernah mencapai mach 2,3.

Baca juga: Cuma 48 detik! 10 rute Penerbangan Ini Singkat Banget

3. AirBus A380

Sampai sekarang AirBus A380 adalah pesawat penumpang komersial yang masih digunakan. Pesawat AirBus A380 masih digunakan oleh beberapa maskapai di seluruh dunia, seperti Singapore Airlines, dan Emirates. Pesawat ini dilengkapi dengan dek kembar dan disebut sebagai pesawat terbesar di dunia saat ini. Meski begitu, pesawat ini mampu melaju hingga kecepatan 1.087 km/jam. Kecepatan yang super untuk sebuah pesawat penumpang.

inverse.com

4. Boom Supersonic

Boom Supersonic merupakan pesawat penumpang super cepat yang bukan hanya diperuntukkan untuk masyarakat ekonomi kelas atas melainkan menengah dan ke bawah. Pesawat ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal hingga 2.335 km/jam.

5. Boeing 787

Boeing 787 masih menjadi pesawat langganan yang digunakan untuk penerbangan komersial. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan 1.049 km/jam. Pesawat ini dibuat di Amerika dengan badan pesawat lebar yang membantu untuk melawan arah angin ketika penerbangan.

Bagaimana Sobat Mojou, sudah tahukan apa saja pesawat komersial tercepat di dunia. Sobat Mojou tahu nggak pesawat komersial tercepat di dunia selain di atas? yuk, komentar dan bagikan informasi ini untuk berbagi pengetahuan.(cm)



Comments (1)

Comment here