ArtikelPilihanVideo

5 Perbedaan Haji Reguler Dan Haji Khusus/ ONH Plus

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang ke lima. Di Indonesia terdapat tata cara atau sistem haji yang berbeda. Haji reguler dan ONH plus keduanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Keduanya jelas terdengar berbeda. Namun, tahukah kamu? Apa saja perbedaan antara haji reguler dan ONH plus? Moslem Journey akan menjelaskan 5 perbedaan haji reguler dan ONH plus.

  1. Biaya

Haji reguler lebih murah dan ONH plus lebih mahal, bisa tiga kali lipat . Hal tersebut dikarenakan haji reguler dikelola pemerintah, sedangkah haji khusus dilakukan oleh travel haji yang ditunjuk oleh pemerintah. Perbedaan keduanya akan jelas terlihat dengan keberangkatan serta fasilitasnya.

  1. Masa tunggu

Masa tunggu maksudnya adalah lama antrian dari kamu mendaftar haji hingga waktu keberangkatan. Masa tunggu haji reguler rata-rata nasional mencapai 18 tahun. Sedangkan haji khusus 6-7 tahun Banyaknya orang yang mendaftar haji reguler membuat antrian semakin panjang dan lama. Faktor usia menjadi pendukung adanya ONH plus. Adanya haji khusus/ ONH plus juga bermula karena pelayanan haji reguler kurang memuaskan.

  1. Penanggung jawab

Haji reguler melalui Kementrian Agama sebagai leading sectornya, jika haji khusus/ ONH plus dilakukan pihak swasta biro travel penyelenggara ibadah haji khusus dan tetap mengikuti pemerintah. Untuk menghindari penipuan saat mendaftar ONH plus, disarankan calon haji supaya membuka tabungan hajinya sendiri secara langsung di bank yang ditunjuk Kementrian Agama.

  1. Jarak hotel

Haji reguler ditentukan berdasarkan konfigurasi panitia penyelenggara ibadah haji sesuai qur’ah (pengundian) pemerintah Arab Saudi. Sedangkan, ONH plus bisa menikmati hotel yang dekat dengan Masjidil Haram.

  1. Layanan tenda di Armina (Arafah dan Mina)

Haji reguler menggunakan alas atau karpet biasa, sedangkan ONH plus dilengkapi dengan alat kasur.

Bagaimana Sobat Mojou, sudah mengerti jelas perbedaan antara keduanya?. Meskipun adanya perbedaan tersebut, semua jamaah haji diberikan bimbingan serta kemudahan untuk kelancaran dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci.

 

 

 

Comment here