JournalKuliner

5 Oleh-Oleh Khas Kota Malang Yang Tak Kalah Enaknya Dengan Apel

moslemjourney.comKota Malang terkenal dengan kota Apel, sehingga banyak oleh-oleh khas Malang yang berbahan apel. Seperti sari apel, carang mas, keripik apel, dan jenang apel. Namun, bukan hanya itu saja kota Malang juga memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa kalian bawa pulang dan beli saat berkunjung di Kota Malang. Berikut ini 5 oleh-oleh khas Malang yang tak kalah enaknya dengan yang berbahan dasar apel.

  1. Keripik Tempe

Keripik tempe merupakan makanan olahan tempe yang sudah dikenal dan banyak ditemukan di berbagai wilayah pasaran. Namun, keripik tempe yang menjadi oleh-oleh khas Malang memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu terbuat dari berbagai macam rempah dan memiliki varian rasa seperti ayam bawang, ayam bakar, balado, ayam bawang pedas, barbeque, balado cabe hijau, dan sebagainya.

Untuk bisa membeli keripik tempe khas Malang, Sobat Mojou dapat membelinya di sekitaran Jl. R. Tumenggung Suryo Kec. Blimbing. Di jalan tersebut, banyak toko oleh-oleh khas Malang dan salah satunya adalah keripik tempe. Harganya pun tak terlalu mahal, sekitar Rp15.000 – Rp27.000 per bungkus.

  1. Cokelat Tempe

Setelah keripik tempe, ternyata kota Malang juga memiliki olahan tempe lain yang bisa dijadikan Sobat Mojou oleh-oleh, yaitu cokelat Malang. Tidak berbeda jauh dengan cokelat-cokelat lain yang dijual di supermarket. Cokelat tempe khas Malang tidak hanya memiliki rasa manis, namun juga ada rasa cokelat

Cokelat tempe terbilang langkah dan hanya ada satu yang menjualnya di kota Malang. Untuk bisa membeli cokelat tempe khas Malang, Sobat Mojou dapat mengunjungi tokonya yang terletak di Jl. Soekarno Hatta Kec. Loeokwaru. Sedangkan untuk harganya, Sobat Mojou hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp8.000 – Rp125.000 per batang/toples.

Baca juga: 5 Oleh – Oleh Bandung Yang Paling Dicari Wisatawan

Keripik Ceker

Selain terkenal dengan keripik temped dan buah-buahan, kota Malang juga memiliki keripik ceker yang terkenal dengan rasa renyahnya dan gurih di lidah. Ceker juga dipercayai memiliki mineral, seperti seperti kolagen, asam amino, dan kalsium, memberikan sejumlah kebaikan untuk tubuh. Keripik ceker dibuat dari ukuran kecil, sedang hingga besar.

Untuk bisa membeli keripik ceker, Sobat Mojou dapat membelinya di berbagai pusat toko oleh-oleh khas Malang. Biasanya, harga keripik ceker sekitar Rp17.000 hingga Rp86.000 per bungkus atau kilogram.

  1. Bakpao Sayang

Makanan khas malang ini memiliki ciri khas warnanya yang putih dan beragam isian, yaitu bakpao sayang. Dengan varian rasa yaitu rasa strawberry, cokelat, nanas, kacang tanah, kacang hitam, kacang hijau, daging, blueberry, dan lain sebagainya. Selain itu, bakpao sayang memiliki bentuk yang disajikan dengan dua acara yang berbeda, yaitu bentuk fresh dan frozen.

Biasanya, wisatawan akan membeli dalam bentuk frozen atau beku yang bisa dipanaskan. Untuk bisa membelinya, Sobat Mojou dapat membelinya di dekat warung wareg Batu, kota Malang. Sedangkan untuk harganya, Sobat Mojou hanya memerlukan uang sekitar Rp3.500 per biji atau Rp30.000 per paket/isi 12 bakpao mini.

Baca juga: Danau Sanghyang Heuleut, Surga Tersembunyi Di Bandung

  1. Pia Mangkok

Jika di Yogyakarta atau Bandung memiliki pia, Malang juga memiliki pia yang khas Malang yaitu pia cap mangkuk. Berbeda dengan Yogyakarta dan Bandung, pia cap mangkuk Malang memiliki tekstur yang empuk dan mempunyai tekstur dalam/isi kulit kering yang renyah. Untuk varian rasa, pia cap mangkuk memiliki 5 varian rasa lain, yaitu cokelat, keju, tangkwe, durian dan green tea. Untuk harganya pia cap mangkuk sekitar Rp15.000 – Rp.20.000 untuk satu pcs.

Itu dia ke-5 oleh-oleh khas Malang yang bisa Sobat Mojou bawa pulang saat jalan-jalan ke Malang. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tersebut untuk sanak keluarga dan teman-teman di rumah atau kantor ya. Dan selamat mencoba.

(IF)

Comment here