ArtikelPilihan

5 Masjid yang penuh Sejarah di Kota Ta’if

moslemjourney – Berbicara tentang kota Ta’if , mungkin sebagian sobat Mojou sudah begitu hapal dengan kota yang sangat terkenal dengan suhunya yang dingin. Nah kali ini Mojou akan membahas masjid-masjid yang terkenal di kota Ta’if tentunya masjid-masjid ini bisa menjadi destinasi sobat Mojou untuk datang dan travelling ke kota Ta’if dan berikut penjelasannya :

  1. Masjid Addas

Foto : Okezone

Nama masjid ini berasal dari sebuah nama pemuda kristiani yang memeluk agama Islam setelah bertemu dengan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pertemuan mereka terjadi di sebuah perkebunan kurma, dimana Rasul sedang melepas lelah di kebun tersebut dan bertemu dengan pemuda yang bernama Addas. Pemuda itu takjub mendengar kalimat Al-quran yang diucapkan oleh Rasul lalu pemuda itu pun mengikuti ajaran yang dibawa Nabi Muhammad. Untuk mengenang kejadian tersebut masyarakat Ta’if membangun sebuah masjid yang diberi nama Masjid Addas yang terletak di tengah kebun anggur yang berderetan dengan rumah-rumah penduduk, Masjid Addas sendiri berdiri kokoh dengan kondisi yang meski kecil dan tempat shalatnya sempit, ditandai dengan menara yang lebih tinggi dari rerata rumah penduduk.

  1. Masjid Kuk ( Kuw atau Masjid Siku)

Masjid ini pun memiliki sejarahnya sendiri, meskipun sebenarnya hanya penanda berupa bangunan kecil berbatu bata yang sangat sederhana. Di dalamnya terdapat ruangan kecil yang bisa digunakan untuk shalat beberapa orang. Kondisinya memang kurang terawat,di kaki sebuah bukit yang dipercayai sebagai tempat Rasul beristirahat saat ke Thaif kedua kalinya. Di lokasi ini dikatakan pernah terjadi mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan saat Rasul beristirahat sambil meletakkan kepalanya dengan penguat siku tangannya di atas batu. Tiba-tiba batu itu ambles maka di tempat itulah kemudian diberi tanda dengan didirikan masjid dengan nama Kuk (Kuw’).

Baca Juga : Kota Ta’if, Arab Saudi rasa Puncak

  1. Masjid Abdullah Ibn Abbas

Merupakan salah satu masjid besar yang ada di kota Ta’if. Masjid Abdullah Ibn Abbas dibangun pada tahun 592 H, dinamakan masjid Abdullah Ibn Abbas karena letaknya yang berada di samping makam Abdullah Ibn Abbas. Beliau merupakan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ikut berperang bersama 11 sahabat Rasul lainnya.

  1. Masjid Al-Qantarah atau Al-Madhun

Masjid yang terletak di lingkungan Al-Mathnah, masjid ini dibangun sekitar 162 tahun yang lalu. Dikatakan bahwa masjid ini dibangun pada era Ottoman, namun gaya bangunannya, terinspirasi dari arsitektur Abbasiyah, yang memberi kesan kuno.

  1. Masjid Qarnul Manazil

Foto :Hajj and Umrah Planner

Lokasinya berjarak 94 kilometer di sebelah timur Kota Makkah, merupakan salah satu miqat (tempat dimulainya umrah dan haji) adalah di Qarnul Manazil atau Al Sail Al Kabir. Bagi jamaah haji yang datang dari arah Najd atau Riyadh ini merupakan tempat dimulainya miqat. Selain itu, diperuntukkan bagi jamaah haji yang berasal dari timur Kota Makkah. Sejarah Qarnul Manazil ini masih memiliki keterkaitan dengan kisah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di Thaif. Dimana tempat ini merupaka tempat pertemuan Rasul dengan Malaikat Jibril. Ketika itu, dalam tahun ke-10 kenabian (619 M), Nabi pulang dari Thaif dalam keadaan sedih atas sikap dan perlakuan penduduk Makkah dan Thaif terhadap beliau.

Baca Juga : Ternyata Penemu Benua Amerika Seorang Muslim

Nah sobat Mojou itu adalah 5 masjid yang wajib kalian kunjungi jika ke kota Ta’if ya. Dijamin kalian tidak akan menyesal jika datang ke kota Ta’if yang ternyata penuh dengan sejarah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nah sobat Mojou pun bisa request untuk destinasi masjid-masjid yang ingin kalian kunjungi dengan komen di bawah ya. (ms)



Comment here