JournalKuliner

5 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Terkenal Dan Wajib Dicicipi

moslemjourney.com – Saat Sobat Mojou membicarakan makanan khas Sumatera Barat, pasti akan teringat citra rasa pedas dan gurihnya santan kelapa pada rendang di tempat makan Padang. Padahal, di Sumatera Barat ada banyak makanan khas yang terkenal dan wajib Sobat Mojou cicipi saat berkunjung ke Sumatera Barat. Yuk, Sobat Mojou kita ulik ada makanan khas apa saja yang musti Sobat Mojou cicipi.

  1. Itiak Lado Ijau
ksmtour.com

Bagi Sobat Mojou yang suka makan bebek, itiak lado ijau pantas kalilan cicipi saat kalian berada di Sumatera Barat. Karena itiak lado ijau merupakan makanan khas yang berbahan utama itiak (itik / bebek) dan lado ijau (cabe hijau) yang akan membuat Sobat Mojou langsung ngiler dengan harum yang dikeluarkan dengan bumbunya.

Itiak Lado Ijau sendiri diolah sedemikian rupa dengan bumbu-bumbu masak lainnya seperti laos, kunyit, jahe, daun salam dan daun kunyit untuk menghilangkan rasa amis dagingnya. Untuk bisa menikmati makanan khas ini, Sobat Mojou mengunjungi kota Bukittinggi dan dapat menghabiskan 100.00 ribu per ekor.

  1. Gulai Kapalo Lauak
kuliner-indo.com

Gulai kapalo lauak merupakan makanan khas daerah pesisir pantai Sumatera Barat, Pariaman. Seperti namanya kapalo lauak, gulai ini memiliki bahan utama berupa kepala ikan. Biasanya, ikan yang digunakan untuk memasak gulai kapalo lauak merupakan ikan karang, seperti ikan kakap.

Baca juga: 5 kuliner Khas Kota Bandung Ini Sulit Untuk Dilupakan

Bagi Sobat Mojou yang tidak suka dengan rasa dan bau amis, saat menyantap gulai kapalo lauak tidak akan terasa amisnya. Karena racikan bumbu dalam makanan khas ini, akan meresap pada daging lembut di kepala ikan. Bagi Sobat Mojou yang ingin mencicipi gulai kapalo lauak kalian bisa langsung ke kota Pariaman dan hanya mengeluarkan uang sebesar 25.000-80.000 ribu per porsi.

  1. Ayam Pop
resephariini.com

Saat pertama kali mendengar dan melihat ayam pop, Siobat Mojou pasti akan terheran-heran dan mengira kalau ayam tersebut belum matang dan masih mentah. Tapi sebenarnya saat di sajikan oleh penjual ayam tersebut sudah matang dan siap di santap. Ayam pop memang terbilang makanan khas istimewa yang ada di Sumatera Barat.

Ayam pop bisa terlihat putih belum matang dikarenaka sebelum digoreng, ayam tersebut direbus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbunya yang khusus, sehingga warna yang dimiliki ayam pop terlihat sedikit pucat. Untuk bisa menikmati ayam pop, Sobat Mojou bisa mengeluarkan uang sekitar 10.000-35.000 ribu per porsi.

  1. Kalio Dagiang
selerasa.com

Bagi kalian yang menyukai olahan daging sapi, tidak salahnya saat mengunjungi Sumatera Barat untuk mencoba kalio dagiang. Bentuknya memang seperti rendang, namun di makanan khas ini dimasak setengah matang yang sudah bisa dimakan.

Dibandingkan dengan rendang, kalio dagiang memiliki tekstur lembut dan dimasak dengan kuah. Selain itu, kalio dagiang dimasak dengan proses yang cukup singkat, karena tidak sampai olahannya mengering.

Baca juga: 4 Negara Dengan Destinasi Kuliner Halal, Sudah Coba?

  1. Palai Rinuak
www.gotravelly.com

Jika Sobat Mojou suka dengan pepes, palai rinuak sangatlah direkomendasikan untuk dicicipi saat berkunjung ke Sumatera Barat. Palai rinuak merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terbilang sangat istimewa, karena berbahan dari ikan-ikan kecil khas Maninjau yang disebut dengan rinuak.

Rinuak dibaluri dengan bumbu serta parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dipanggang. Palai Rinuak sangat nikmat dimakan karena gurih rinuak dan parutan kelapa serta bau harumnya daun pisang.

Itulah lima makanan khas Sumatera Barat yang bisa Sobat Mojou cicipi, sangat menggiurkan dan sangat menggodakan. Namun, bagi Sobat Mojou yang memiliki darah tinggi jangan terlalu banyak mengkomsusi makanan khas Sumatera ini. Karena kebanyakan dari makanan diatas mengadung santan kelapa. Selamat berkuliner ria, Sobat Mojou!

(IF)

Comment here