ArtikelJournalKuliner

5 Makanan Khas Arab Saudi Yang Sangat Menggoda Selera Makan

moslemjourney.com – Arab Saudi adalah salah satu Negara Timur Tengah yang terkenal dengan berbagai budaya dan kuliner. Banyak sekali makanan khas yang di kenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan ada makanan khas Arab Saudi yang menjadi akulturasi dengan budaya Indonesia.  Berikut ini makanan khas Arab Saudi yang mungkin sobat Mojou cicipi, karena memiliki banyak citra rasa yang menggoda dan nikmat untuk dimakan.

  1. Nasi Kebuli

Bagi sobat Mojou yang suka makan nasi, nasi kebuli bisa menjadi makanan yang bisa dicicipi. Karena nasi kebuli di buat dengan berbagai olahan kambing, seperti daging kambing, kaldu kambing dan susu kambing. Selain itu, nasi kebuli memiliki citra rasa gurih dan kaya dengan bumbu rempah-rempah. Biasanya nasi kebuli akan disajikan dengan acar, kismis dan sambal sebagai bahan pelengkap.

  1. Samosa Arab

Samosa atau samboosa  merupakan kue khas arab yang memiliki bentuk segititiga, sekilas kulit yang dipakai samosa seperti risol goreng . Namun, kulit samosa terbuat dari kulit pastry yang memiliki rasa gurih dan krispy. Selain itu, bagian isi samosa berisikan berbagai macam sayuran, telur, keju, dan daging cincang yang dipanggang atau di goreng. Samosa biasanya disantap untuk penambah selera atau teman minum teh klasik bagi masyarakat Arab.

  1. Katayef

Katayef termasuk hidangan sejenis pastel yang dibuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis yang diisi dengan kacang kenari dan gula. Biasanya, katayef dihidangkan sebagai makanan berbuka puasa ataupun pencuci mulut, apalagi disantap dengan sirup madu. Terdapat banyak rasa yang telah dimodifikasi di antaranya rasa Keju, Kurma, Special (kismis, kacang tanah, kayu manis), Mehallabiya (Custard Susu).

  1. Koshari

Jika nasi kebuli mengandung hewani berupa kambing, Koshari cocok bagi sobat Mojou yang ingin merasakan makanan khas Arab yang banyak mengadung sayur. Karena, koshari dibuat dan diolah menggunakan minyak sayur.  Selain itu, Koshari juga merupakan nasi yang dicampur dengan makaroni, lentil, potongan spaghetti, kacang Arab, bawang goreng dan saus tomat cuka di atasnya. Supaya tambah nikmat, sobat Mojou bisa menambahkan perasan bawang putih dan saus pedas.

  1. Falafel

Makanan khas Arab yang bentuknya seperti perkedel, namun yang membedakan antara Falafel dan perkedel ialah pada bahan pembuatanya. Flafel terbuat dari campuran buncis atau kacang Faca dan rempah-rempah yang digiling dan dipadatkan. Lalu dibentuk bola-bola kecil sebelum dimasukkan dalam minyak panas. Falatel memiliki cita rasa pedas dan biasanya disantap dengan salad, acar, saus atau roti pita.

Bagaimana sobat Mojou sudah tahukan makanan khas Arab Saudi yang menggoda untuk di cicipi, jangan lupa untuk menceritakan rasa dan perbedaannya ya ke orang-orng yang belum mencicipi.

(IF)

0

Comment here