ArtikelJournalKuliner

5 kuliner Khas Kota Bandung Ini Sulit Untuk Dilupakan

moslemjourney.com – Bandung dikenal dengan kota kembang yang dikelilingi pengunungan dan berada di ketinggian 700 – 1.000 meter di atas permukaan laut. Sehingga suhu yang dimiliki Bandung mencapai 23 derajat celcius. Selain itu, kota Bandung juga salah satu kota wisata andalan di Indonesia.

Bukan hanya menawarkan kawasan rekreasi yang menarik, kota Bandung juga memiliki banyak kuliner yang bisa di coba sobat Mojou. Kalau soal rasa, jangan di tanya lagi, kota Bandung menawarkan kelezatan yang tidak bisa dilupakan oleh sobat Mojou. Berikut ini, lima kuliner khas kota Bandung yang tiada tara.

1. Baso Tahu

Ketika mendengar kata bakso, pasti sobat Mojou akan mengingat ke olahan daging sapi bulat berkuah. Namun di ketika sobat Mojuo berada di Bandung, kata baso akan ditemukan dalam bentuk tahu baso yang memiliki bahan dasar tahu dan daging ikan giling. Bagi orang yang pertama kali menikmati baso tahu pasti akan mengganggap baso tahu tulen ini mirip seperti siomay.

Karena saat dihidangkan, rasa yang dimiliki baso tahu sama seperti siomay. Biasanya dalam satu porsi baso tahu berisikan telur rebus, kentang rebus, kol, dan pare yang di lumuri dengan bumbu kacang beserta dengan kecap dan saos pedas. Harga satu porsi baso tahu sekitar 18.000 – 30.000 ribu

2. Rujak Cuka

twitter.com/kuliner_bandung

Bagi sobat Mojou yang suka denggan buah-buahan yang asam, pastinya suka makan rujuk. Di Bandung ada rujak buah dan sayur yang memiliki bumbu yang khas, yaitu tujak cuka. Jika rujak pada umumnya menggunakan bumbu kacang atau gula merah yang dibuat tidak halus. Rujak cuka dibumbui dengan kuah sambal pedas asam manis terasa menjadi satu.

Sedangkan isinya seperti rujak pada umumnya, berupa mangga muda, jambu air, mentimun, bengkoang, nanas muda, kedondong, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, rujak cuka juga di campur dengan sayur-sayuran berupa touge dan kol. Untuk menikmati satu porsi rujak cuka, sobat Mojou bisa mengeluarkan sekitar 20.000.

3. Nasi Timbel

twitter.com/rmlegoh

Sobat Mojou yang sedang jalan-jalan ke kota Bandung, sepertinya kurang lengkap kalau belum merasakan nasi khas Sunda, yaitu nasi timbel.  Pada umum nasi timbel memiliki bentuk seperti nasi biasa yang kita makan sehari-hari dirumah. Hanya saja, saat disajikan nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Bukan hanya itu saja, nasi timbel terbuat dari jenis beras bagolo dan beras merah campuran.

Nasi timbel sangat cocok dinikmati saat masih hangat, karena aroma khas pada daun pisang pada nasi membuat nikmat bagi siapapun yang menikmatinya. Saat menyantap nasi timbel, sobat Mojou akan ditemani dengan daging ayam atau ikan, tahu, tempe, lalapan, dan sambal. Bagi sobat Mojou yang ingin menikmati nasi timbel dapat dibeli dengan harga sampai 15.000 – 25.000 ribu.

4. Mie Kocok

selerasa.com

Bagi sobat Mojou pencinta mie, saat mengunjungi Bandung jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya,  mie kocok. Berbeda dengan mie-mie biasa, mie kocok biasanya memiliki mie yang lebih tebal dan berbentuk pipih. Bukan hanya itu saja, mie kocok juga disajikan dengan kuah kaldu sapi yang kental dengan campuran daging tetelan serta berbagai sayuran, seperti tauge dan sawi.

Aroma dan warna yang dimiliki kuaah mie kocok pun memiliki aroma dan warna yang khas, karena terbuat dari bumbu rempah-rempah. Bagi sobat Mojou yang ingin menikmati mie kocok bisa mengunjungi daerah kebun pisang Kecamatan Sumur Bandung, kota Bandung. Banyak penjual mie kocok di daerah disana, mie kocok dijual sekitar 23.000 – 35.000 rupiah.

5. Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan salah satu makanan khas tradisional yang banyak di gemari oleh banyak kalangan. Satu porsi kupat tahu, bukan hanya berisi kupat dan tahu goreang yang dijadikan satu. Tadi disajikan dengan banyak campuran, seperti kuah kacang, petis dan sayur.

Untuk menambah cita rasa yang enak dan lezat, sobat Mojou bisa tambahkan kerupuk dan sambal supaya makin nikmat dan menambah selera makannya. Untuk bisa menikmati kupat tahu, sobat Mojou bisa menghabiskan uang sebesar 8.000 – 20.000 rupiah.

Bagaimana sobat Mojou sudah merasa lapar dan ingin menikmati kuliner khas Bandung. Saat jalan-jalan ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi ke lima makanan tersebut ya. (IF)



0

Comment here