JournalTransportasi

5 Istilah Umum Di Dunia Kereta Api Yang Harus Kalian Tahu

Sumber foto: tribunnews.com

Moslemjourney.com – Moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat. Baik itu kereta api jarak jauh (KAJJ), kereta lokal atau commuter line. Apalagi saat ini di Jakarta ada lagi pilihan moda transportasi terbaru yaitu MRT dan LRT.

Keberadaan kereta api memang sudah ada sejak jaman dulu. Kala itu, kereta api belum secanggih sekarang. Dulu, kereta api menggunakan bahan bakar uap. Rute yang ada pun tidak sejauh sekarang missal Jakarta-Surabaya.

Nah, apakah Sobat Mojou tahu istilah-istilah umum di dunia perkeretaapian? Kalau belum, yuk simak penjelasan mengenai 6 istilah yang ada di dunia kereta api. Berikut ulasannya.

1. Lokomotif 

Pasti Sobat Mojou kenal dong dengan istilah yang satu ini. Ya, lokomotif merupakan sarana untuk menarik dan mendorong kereta api. Biasanya lokomotif terletak di depan kereta. Namun sekarang lokomotif juga terkadang ada di bagian belakang kereta.

2. Gerbong

Gerbong merupakan tempat yang sering kita masuki saat naik kereta. Dalam satu rangkaian kereta, terkadang gerbong terdiri hingga delapan rangkaian. Gerbong inilah yang akan ditarik oleh lokomotif sehingga bisa berjalan. Umumnya, gerbong dibedakan menjadi kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif.

3. Awak Sarana Kereta Api

Seperti pada umumnya, makna awak berarti orang yang bertugas. Jadi, maksud dari awak sarana kereta api adalah orang yang ditugaskan di dalam kereta api. Seperti halnya masinis, asisten masinis, kondektur, teknisi kereta api, teknisi lokomotif, dan masih banyak lainnya.

4. PPKA

PPKA merupakan singkatan dari pengatur perjalanan kereta api. PPKA memiliki tugas untuk mengatur dan melakukan segala tindakan untuk menjamin keselamatan dan ketertiban mengenai urusan perjalanan kereta. Nah, PPKA ini memiliki fungsi yang sangat krusial untuk mengatur perjalanan kereta api.

5. PAP

Selain PPKA, ada juga PAP atau pengawas peron. PAP bertugas untuk mengatur PPKA dalam melaksanakan perjalanan kereta api serta bertanggung jawab atas urusan administrasi kereta api.

Itulah beberapa istilah umum tentang kereta api. Kalau Sobat Mojou tahu lebih dalam, yuk coba share di kolom komentar agar pembaca lainnya bisa tahu juga.

 

RDA

Comment here