ArtikelJournal

5 Fakta Menarik Seputar Adzan Yang Banyak Orang Belum Ketahui

moslemjourney.com – Kumandannya adzan di masjid atau musholah menandakan telah masuknya waktu untuk sholat wajib (fardu). Biasanya, kumandang adzan akan terus terdengar setiap hari selama lima kali. Tapi tahukah sobat Mojou, adzan memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin sobat Mojou ketahui. Berikut ini, lima fakta menarik yang dimiliki oleh adzan.

1. Sudah Dikumandangkan Sejak 14 Abad Yang Lalu

Sejak pertama kali di kumandang di zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, ternyata adzan sudah dikumandangkan ribuan kali sejak 14 abad yang lalu. Jika di hitung dalam angka, 14 abad sama dengan 1.400 tahun dan dalam setahun sama dengan 365 hari. Maka 1.400 tahun x 365 hari = 511.000 hari. Dalam satu hari, adzan dapat dikumandangkan lima kali, kurang lebih sebanyak 2.555.000 kali/wilayah adzan telah dikumandangkan.

2. Adzan Tidak Akan Berhenti Hingga Kiamat

Adzan yang dikumandangkan di seluruh dunia tidak akan berhenti hingga datangnya waktu kiamat. Hal tersebut dapat dikatakan demikian Karena pada dasarnya bumi ini berbentuk bulat dan berotasi, membuat setiap letak geografis mempunyai geografis/tempat memiliki perbedaan waktu yang berbeda-beda. Maka secara otomatis adzan akan dikumandangkan terus menerus hingga bumi berhenti berotasi.

Baca juga: Hukum Menggunakan Sutrah Yang Mulai Luntur Oleh Umat Muslim

3. Banyak Non-Muslim Yang Mendapatkan Hidayah

Di Negara mayoritas non-muslim, banyak orang-orang yang mendapatkan hidayah dan memeluk agama Islam. Seperti di Negara Turki, selama tahun 2011 kementerian urusan agama Turki mencatat sedikitnya 634 orang telah memeluk Islam. Dan salah satunya adalah Rapper papan atas Amerika Serikat, Chauncey L. Hawkins yang populer disapa Loon. Dia mengaku masuk Islam setelah mendengar suara adzan saat dirinya tengah berkunjung ke Dubai, Turki.

4. Adzan Dalam Peristiwa Sejarah

Jika di zaman sekarang adzan de kenal dengan seruan memanggil umat Muslim untuk melaksanakan sholat. Di zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, adzan dikumandangkan untuk memberitahukan sebagai tanda kemenangan mereka pada saat berhasil direbut oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dan berhala-berhala di sekitar kabah dihancurkan.

5. Menjadi Kalimat Yang Pertama Kali Di Dengar Oleh Bayi

Saat bayi umat muslim pertama kali keluar dari Rahim ibunya, kalimat yang pertama kali didengar oleh bayi tersebut adalah kalimat adzan. Kalimat adzan tersebut dikumandangkan oleh sang ayah di dekat telinganya. Dengan dikumandangkan adzan tersebut,  saraf-saraf dalam tubuh menyuruh untuk mendirikan solat. Seakan-akan azan itu telah melekat dalam diri kita dari sejak dulu.

Baca juga: Tata Cara Melakukan Tayamum

Begitulah lima fakta menarik yang dimiliki oleh kumandang adzan, jangan lupa untuk menjalankan sholat lima waktu tepat waktu ya sobat Mojou. Supaya hidup kita penuh dengan berkah dan tidak lalai kepada Allah Subhanahu Wata’Ala.

(IF)

0

Comment here