ArtikelPilihan

5 Fakta Kalender Hijriah, Nomor 2 Jarang yang Tahu

Moslem JourneyIndonesia mengenal dua jenis kalender, yaitu Kalender Hijriah dan Kalender Masehi. Kalender Hijriah biasa disebut Kalender Islam. Kalender Hijriah adalah kalender yang dipakai oleh umat Islam untuk menentukan tanggal yang berkaitan dengan ibadah atau hari-hari penting lainnya. Dimana 1 september 2019 lalu, kita telah merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H.

Kenapa disebut Kalender Hijriah? Karena pada waktu itu adalah tahun di mana terjadi peristiwa hijrah-nya Nabi Muhammad Shallahu A’alaihi Wasalam dari Kota Makkah ke Madinah 622 M. Di negara yang mayoritas penduduknya Islam, Kalender Hijriyah digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari dengan bulan sebagai acuannya, makanya kalau mau menentukan bulan ramadhan dan hari lebaran nunggu hilalnya muncul dulu. Untuk yang satu itu pasti Sobat Mojou belum tahu kan?

Baca juga: Anak Mudah Mabuk Di Perjalanan, Lakukan Hal Ini Sobat Mojou!

5 Fakta-fakta menarik kalender hijriah

1.Kenapa dinamakan hijriah?┬áPada masa kepemimpinan khalifah Umar bin Khattab. beliau menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana Nabi Muhammad Shallahu A’alaihi Wasalam hijrah dari Makkah ke Madinah.

2. Kalender Hijriah bermula dari kisah ketika Gubernur Abu Musa Al-Asyari kebingungan membaca surat-surat yang dikirim Umar bin Khattab, karena tidak ada tulisan tahunnya, melainkan hanya ada tanggal dan bulan saja. Sehingga Umar bin Khattab mulai memikirkan penanggalan hijriyah.

3. Kalender Hijriyah dibangun berdasarkan rata-rata silkus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari). Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

4. Salah satu cara yang dilakukan oleh penjajah Eropa atas dunia Islam untuk mengurangi loyalitas muslim adalah dengan memaksakan kalender masehi, sebagaimana terjadi di Mesir dan negeri Syam ketika Prancis dan Inggris datang.

5. Nama- nama bulan dalam Kalender Hijriyah seperti Muharram, Safar, Rabiul Awwal, Rabiul Akhir, Jumadil Awwal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, syawal, Dzulhijjah, Dzulqo’dah diambil dari nama-nama bulan yang sudah dipakai orang Arab pada masa itu.

Demikian ulasan fakta-fakta menarik Kalender Hijriyah. Sobat Mojou pasti ada yang belum tahukan? selain fakta yang disebutkan di atas, Sobat Mojou boleh menambahkan fakta lain. yuk! saling berbagi pengetahuan.(cm)

 



Comment here