ArtikelDestinasiJournal

5 Destinasi Wisata Yang Menarik Di Sumatera

moslemjourney.com— Sebagai salah satu pulau terbesar di Nusantara, Sumatera menyimpan destinasi wisata  menarik yang bisa kita kunjungi nih. Apa aja ya tempat – tempat itu? Baca ulasannya sampai habis ya!

  1. Kepulauan Mentawai

Lokasi : Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan di pesisir Sumatera ini memang surga bagi olahraga surfing. Nggak heran jika tiap tahun, pemerintah setempat sering mengundang surfer lokal maupun internasional untuk bergabung dalam festival surfing tahunan. Setidaknya, kamu akan menemukan 7 spot terbaik bagi para surfer yaitu Hollow Trees, Lance’s Left, Telecopes, Mancaronies, Iceland dan Scarcrows. 

  1. Teluk Kiluan

Lokasi : Jl. Tlk. Kiluan, Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung 35388

Teluk yang berada di ujung Lampung ini menyimpan “hal menarik” untuk dilihat. Keindahan laut dan pantainya? Itu sudah pasti, Sobat Mojou. Namun ada lagi yang lebih menarik, yakni kamu bisa melihat lumba – lumba yang berenang bebas di lautan. Sebenarnya nggak dapat dipastikan juga sih, kapan mamalia laut itu akan muncul. Tapi menurut salah travel tour, Kili Kili Adventure, kamu bisa datang ke sini pada bulan April hingga September. Menurut mereka, kemungkinan munculnya lumba-lumba banyak terjadi pada rentang bulan tersebut. 

Baca Juga : 5 Makanan Khas Sumatera Barat Yang Terkenal Dan Wajib Dicicipi

  1. Jam Gadang

Lokasi : Taman Sabai Nan Aluih, Kota Bukittingi, Sumatera Barat

Tinggi : 26 m 

Tahu Big Ben yang ada di London, Inggris? Ternyata, jam besar ini ternyata juga memiliki kembarannya di Indonesia. Tepatnya di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Bangunan ini didirikan oleh arsitek asli Minangkabau, Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh atas perintah dari Ratu Wilhelmina dari Belanda. Konstruksi bangunan ini juga unik banget. Pasalnya, bahan dasarnya tidak terbuat dari semen melainkan campuran batu kapur, putih telur, dan pasir. Jam Gadang saat ini dijadikan ikon bagi kota tersebut. Makanya, nggak heran kita membeli souveni, pasti ada gambar Jam Gadang.

  1. Nias

Lokasi : Sumatra Utara, Indonesia

Selain Pulau Mentawai, ada lagi nih tempat surfing favorit para surfer. Namanya adalah Nias. Tempat yang terkenal lompat batunya ini memiliki 2 spot favorit surfing nih, yakni “The Point” dan “Indicator”. Kedua tempat ini menampilkan rangkaian ombak yang spektakuler tiap tahunnya. Jika ingin tak ingin melakukan surfing dan sekedar bersantai, kamu bisa datang ke Pantai Sorake yang terletak di sebelah Selatan pulau Nias. Kamu akan dibuat kagum oleh pasirnya yang berwarna putih. 

  1. Taman Nasional Gunung Leuser

Lokasi : Kabupaten Gayo Lues, Aceh

Tempat seluas kurang lebih 1 hektar ini adalah sebuah kawasan perlindungan flora dan fauna terbesar di Asia Tenggara. Kamu bisa melihat jenis Rafflesia, yaitu Rafflesia acehensis dan Rafflesia zippelni untuk jenis flora dan harimau, badak, gajah, dan orang utan untuk jenis fauna. Tempat ini juga masuk situs warisan oleh UNESCO dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sebenarnya masih banyak banget destinasi wisata lainnya di Sumatera. Sobat Mojou ada yang mau nambahin? Tulis di kolom komentar ya! Jangan sampai artikel ini berhenti di kamu saja! (ans)

Baca Juga : Kenali Istilah-Istilah Ini Sebelum Memesan Makanan Di Restoran

Comment here