ArtikelDestinasiPilihan

4 Wisata Alam Sumedang Yang Menarik

Moslemjourney.com— Sumedang dikabarkan akan segera membenahi tempat pariwisisatanya. Terkenal akan parahlayangnya, kota yang terletak 56 km dari kota Bandung ini akan mengadakan sport tourism event dengan olahraga yang sama bernama West Java Paragliding World Championship 2019 yang diadakan pada tanggal 2 – 8 Oktober nanti. Terlepas dari kejuaraan dunia dan Parahlayangnya, wisata alam Sumedang juga tak kalah memikat hati para wisatawan. Berikut adalah 4 wisata alam Sumedang :

1.  Puncak Damar Jatigede 

Puncak Damar Jatigede Sumedang adalah kawasan wisata alam yang dikembangkan oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang. Wisata alam ini dikembangkan bersamaan dengan bendungan atau waduk Jatigede. Puncak Damar Jatigede sendiri berlokasi di kawasan ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja, lebih tepatnya di kawasan hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar. Pemandangannya yang indah membuatnya ramai oleh pengunjung saat akhir pekan. 

2. Situ Cilembang

https://ngetripkemana.com/objek-wisata/

Danau yang satu ini sangat unik karena berwarna biru jernih ini terletak tersembunyi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Danau yang memiliki kedalaman sekitar 3 meter ini memiliki banyak nama. Diantaranya adalah Sirah Cilembang, Situ Cilembang, dan Danau Biru Hariang Cilembang bahkan Labuan Cermin Sumedang karena seindah seperti danau di Biduk – Biduk, Kalimantan sana. Jika ingin mencoba danau ini, pengunjung hanya boleh mencuci muka saja. Dilarang untuk mandi dan berenang karena air di danau juga dipakai masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Baca Juga : Mengenal Suku Dayak Punan Hovongan

3. Wisata Alam Panjugjugan

Wisata alam yang satu ini memberikan pemandangan alam yang indah dengan hutan pinus dan pertanian yang hijau. Terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan seperti germain Flying Fox, berenang dengan di kolam ikan terapi, melihat curug buatan hingga menyewa becak mini. Harga tiketnya bisa dibilang terjangkau yakni 10 ribu per orang. Jika membawa mobil maka akan dikenakan biaya sebanyak Rp. 5000 sementara motor Rp. 2000

4. Arung Jeram Pangcalikan

Jika Sobat Mojou menyukai tantangan, wisata alam yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk dicoba. Berlokasi di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, arung jeram Pangcalikan ini masuk kategori Grade 2 untuk arung jeram. Jeramnya sendiri tidak begitu berbahaya, namun cukup menantang. (ans)

Baca Juga : 5 Pulau Rekomendasi Untuk Honeymoon

Comment here