ArtikelLifestylePilihanTransportasi

4 Kota Ini Berubah Demi Menyelamatkan Bumi

Moslemjourney.com Menurut data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kasus Infeksi Pernapasan Saluran Atas (ISPA) sejak tahun 2016 sudah terjadi sebanyak 1.801.968 kasus. Sempat turun di tahun 2018 sebanyak 1.817.579 kasus namun tetap saja ini adalah angka yang besar. Penyebab utamanya cuma satu, polusi udara. Sangat disayangkan karena beberapa negara di bawah ini justru sudah lebih dulu menetapkan kebijakan car-free dengan harapan bumi tidak semakin rusak ke depannya. Semoga Indonesia juga bisa menerapkan kebijakan – kebijakan di bawah ini ya, Sobat Mojou!

  1. Rotasi Pelat Nomor Mobil

Beijing juga menerapkan sistem ganjil – genap seperti Jakarta, namun sistemnya lebih spesifik lagi. Nama sistem itu adalah rotasi nomor plat mobil dimana kita boleh mengendarai mobil sesuai dengan angka terakhir pelat nomornya. Untuk hari Senin adalah pelat nomor 8 dan 2, Selasa 1 dan 9, Rabu 6 dan 4, Kamis 7 dan 3, Jumat 0 dan 5. Pembangunan untuk transportasi umum juga digalakkan pemerintah. Hasilnya, polusi di Beijing berkurang sebanyak 97%, 98%, dan 86% dibandingkan dengan 20 tahun sebelumnya. 

  1. Sepeda

Menggantikan mobil dan motor, negara – negara seperti Denmark, Belanda, Nowergia dan Swedia menggunakan sepeda sebagai transportasi sehari – hari. Jangan lupa untuk mencoba naik sepeda saat berkunjung kesana ya, Sobat Mojou! Dijamin seru karena permukaan jalanannya yang rata dan rapi. Saking seringnya menggunakan sepeda, di Belanda sendiri justru lebih disibukkan pada urusan seperti pembuatan tempat parkir dan penyitaan transportasi kayuh jika melanggar rambu lalu lintasnya dibandingkan dengan mobil dan motor. Lucu ya?

Baca Juga : Catat Aturan Unik Ini Sebelum Travelling

  1. Menanam Bunga

Terkenal karena Floralis Generica, bisa jadi membuat otoritas setempat berpikir untuk menanam bunga di jalanan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. Kalian nggak salah dengar kok sobat Mojou. Sekitar 100 blok dibebaskan sebagai tempat pejalan kaki sementara jalur pengendara sepeda dibuat dengan warna secerah mungkin supaya lebih terlihat saat melintas. Keren! 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

  1. Larangan Mobil

Untuk menerapkan kebijakan car free, Madrid membuat peraturan dengan dengan membatasi mobil yang masuk ke pusat kota. Untuk mobil yang dilarang masuk sendiri adalah mobil tua yang menyebabkan polusi. Aksi ini selain untuk menyelamatkan bumi dari polusi asap, terdapat 8.900 kematian di Spanyol akibat gas nitrogen oksida. Sebenarnya untuk Jakarta sendiri sudah diberikan aturan serupa, yakni sistem ganjil – genap. Tapi harus sepertinya harus digalakkan lagi ya! (ans)

Baca Juga : Yuk Kurangi Sampah Makananmu Dengan Ini!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Comment here